Press "Enter" to skip to content

Tips Memulai Jualan Online Tanpa Stok Barang

Saat ini bisnis online bukanlah suatu yang aneh lain dengan 10 tahun yang lalu dimana masih banyak yang tidak mengetahui apa itu bisnis online, bahkan ada beberapa teman saya yang saat itu penghasilannya dari bisnis online sudah cukup besar sehingga dia full bekerja dari rumah.

Namun apa yang terjadi? ya dia menjadi omongan tetangganya, bahkan sampe ada yang mengira dia memalihara tuyul, iya tuyul  yang botak kecil biasa disuruh ngambil uang hahaha.

Tapi itu cerita masa lalu saat ini dengan adanya teknologi smartphone dan menjamurnya platform social media bisa dibilang mungkin ya 80% pengguna smartphone di usia 15 – 30an tahun melakukan bisnis online menggunakan smartphone mereka.

Berikut ini adalah tips memulai bisnis online dengan modal minimalis

Oiya dalam pemahasan ini model bisnis yang dijalankan adalah dropshiping. Kenapa? karena dengan model dropship ini kamu tidak perlu keluar uang banyak diawal untuk stok barang.

Buat yang belum tau Dropshiping itu apa, berikut ini adalah definisi dropshiping :

Dropshiping adalah kegiatan perdagangan dimana kita membantu membantu menjualkan barang orang lain, namun seolah-olah barang tersebut adalah barang anda sendiri

Jadi alurnya si pelanggan membayar pada anda untuk pembelian barang, kemudian anda pesankan barang tersebut ke supplier, dan supplier akan mengirimkan barang tersebut langsung pada pelanggan anda dengan atas nama toko anda.

Keuntungan anda adalah selisih harga beli ke supplier dan harga jual ke pelanggan anda.

Memulai Bisnis Dropshipping

Pertama-tama anda harus menemukan supplier barang yang akan anda jual, untuk menemukan supplier anda bisa mencarinya di shopee, bukalapak, dan tokopedia. Disana anda dapat menemukan berbagai produk.

Anda cari penjual yang telah memiliki rating penjualan yang bagus, kemudian jangan lupa untuk melakukan riset harga dari produk yang akan anda jual. Temukan harga terendah dan tertinggi dimana barang tersebut di jual di marketplace.

Pilih supplier yang menjual dengan harga paling murah, namun pastikan bahwa rating penjualan dan feedback dari pelanggan dia cukup bagus. Hal ini adalah untuk mengurangi resiko kualitas produk dan kualitas pelayanan yang buruk.

Setelah menemukan suplier yang cocok, anda tinggal naikan harga barang dari suplier tersebut sebagai harga jual, saran saya ambil harga tengah dari range harga terendah dan harga tertinggi.

Waktunya Memasarkan Barang Dagangan Anda

Setelah menemukan barang dan harga jual yang pas, waktunya untuk mulai memasarkan produk dagangan anda. Untuk memasarkan ada beragam cara dan untuk mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan ketekunan dalam mengerjakannya.

1. Promosi Menggunakan Blog Gratisan

Ada banyak layanan untuk membuat blog yang sifatnya gratis, anda bisa memanfaatkan layanan ini dengan membuat blog jualan anda. Saat ini ada 2 platform besar yang memberikan layanan blog gratis ini yaitu Blogger.com dan WordPress.org

Yang perlu anda lakukan cukup mendaftar di kedua platform tersebut dan mulai untuk menulis tentang produk jualan anda disana.

Untuk yang masih belum tau cara bikin blog di blogger bisa cek video ini

Untuk yang wordpress bisa cek tutorialnya di video ini

2. Promosi Menggunakan Social Media

Saat ini siapa yang ga punya akun di Social Media, paling tidak 1 orang punya akun di Facebook, tapi rata-rata generasi jaman now punya akun di hampir semua social media populer seperti Facebook, Instagram, Twitter.

Untuk promosi di Facebook anda bisa dengan posting status pada akun facebook anda, atau bisa juga bergabung di berbagai group jual beli dan anda bisa memposting barang dagangan anda disana.

Usahakan cari group yang temanya sesuai dengan produk yang akan anda tawarkan, kenapa karena kalo temanya sama artinya orang-orang didalam group tersebut memiliki kecendurang lebih tinggi untuk tertarik pada barang dagangan anda.

Untuk promosi di Instagram buatlah akun khusus untuk jualan kemudian mulai posting foto barang dagangan anda, selain itu carilah akun lain yang kira-kira jualan produk yang sama dengan anda, setelah ketemu mulailan untuk follow para follower dari akun kompetitor anda.

Lakukan dengan konsisten maka lambat laun follower anda akan terus bertambah, dan seiring dengan bertambahnya follower maka orderan anda juga akan meningkat. Oiya dengan catatan followernya harus tertarget ya, jangan beli hehehe.

itu semua adalah hal dasar yang harus anda kuasai, ga usah kebanyakan mikir just do it  aja dengan seringnya anda praktek maka anda akan mulai berpengalaman dan feeling anda pun akan semakin terasah.

Manajemen Keuangan

setelah penjualan ramai jangan lupa untuk membagi keuntungan penjualan menjadi 3 bagian.

pertama untuk gaji anda sendiri, ya bagaimana pun namanya bisnis harus ada hasilnya untuk dinikmati. Namun jangan semua hasilnya dihabiskan 30% saja untuk anda nikmati.

Pembagian kedua adalah untuk penambahan modal usaha anda, bagaimana pun namanya usaha itu pilihannya 2 terus berkembang atau mati. Nah penambahan modal ini untuk meningkatkan usaha anda yang tadinya ga punya stok barang sakarang bisa jadi punya stock.

Pembagian ketiga 40% untuk uang kas usaha anda. Kenapa harus ada uang kas karena ini nantinya untuk dana tidak terduga atau jika sudah cukup terkumpul anda bisa gunakan untuk membangun website yang lebih represntatif dan mulai mempromosikan produk anda menggunakan iklan berbayar.

Atau jika anda tidak suka terlalu ribet anda bisa menggunakan jasa konsultan digital marketing dari maxibrandimage, konsultan ini telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di dunia digital marketing dan telah membantu berbagai perusahaan dalam melakukan promosi di dunia online.

Related Post