Press "Enter" to skip to content

Tanda-Tanda Rayap Yang Perlu Diwaspadai di Rumah Anda

Rayap binatang kecil yang tidak bisa anda remehkan meski berukuran hanya 0,04 mm tapi satu koloni rayap dapat menggerogoti konstruksi rumah anda dan bisa berakibat fatal dan menyebabkan kerugian finansial yang tidak sedikit. Terkadang banyak yang keliru mengira koloni rayap adalah koloni semut. Meski sama-sama berbahaya, namun adanya rayap jauh lebih fatal dan butuh segera dibasmi. Nah bagaimana membedakannya? Berikut hal yang bisa anda lihat sebagai perbedaan dua hama tersebut :
  • Rayap Berwarna Coklat muda atau coklat tua kehitaman, perpaduan bentuk panjang dan oval, mempunyai antena lurus, mempunyai 6 kaki dan sayap yang ukurannya sama sedangkan pada semut, ada beberapa tipe semut namun rata-rata ridak memiliki sayap untuk yang berada di dalam rumah.
  • Rayap memakan kayu dan selulosa, sehingga umumnya tinggal dibalik dinding atau didalem furnitur sehingga sulit terlihat Sedangkan semut memakan makanan manis, sehingga biasanya mudah terlihat jalan di tembok rumah.
  • Rayap biasanya banyak ditemukan di basement atau struktur bangunan dan dapat dijumpai ketika sudah merusak bangunan, sedangkan semut lebih mudah dijumpai dan terlihat dimana saja.
Hal-hal berikut juga bisa menjadi pertanda bahwa rumah anda perlu penanganan khusus menghadapi rayap.

Jalur terowongan berwarna coklat.

Jika anda melihat gundukan memanjang kecoklatan pada dinding rumah yang menyerupai terowongan, besar kemungkinan itu adalah terowongan rayap yang digunakan sebagai akses keluar masuk untuk mendistribusikan hasil dari menggerogoti rumah anda. Terowongan kecil ini terbuat dari puing-puing tembok yang, lumpur, debu, hingga kotoran mereka sendiri.

Terdapat bekas rontokan sayap

Rayap umumnya akan meninggalkan jejak berupa rontokan sayap, ketika mereka memasuki masa fase reproduksi. Mereka akan terbang untuk mencari pasangannya, namun karena sayapnya rentan patah seringkali meninggalkan rontokan sayap di lantai.

Karena itu, jika Anda menemukan banyak sayap-sayap transparan keruh di lantai rumah, itu bisa menjadi indikasi rumah Anda telah menjadi sarang dari koloni-koloni rayap.

Tumpukan Kotoran rayap.

Setelah menggerogoti dinding dan bagian rumah yang terbuat dari kayu. Rayap umumnya akan meninggalkan jejak berupa kotoran atau fesesnya yang menumpuk di lantai. gundukan kotoran yang berbentuk serbuk dan berwarna cokelat ini di dalam rumah adalah indikasi kuat hunian Anda telah menjadi tempat bersarangnya sarap.

Dinding terdengar kosong / kopong.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek apakah dinding atau kusen anda aman dari rayap adalah dengan cara mengetuknya. Apabila terdengar kosong, atau kopong besar kemungkinan rayap telah menggerogoti, dan anda harus segera mengambil tindakan agar rumah anda tidak ambruk.

Terdapat lubang pada dinding, lantai, atau perabot kayu

jika anda menemukan lubang-lubang kecil pada dinding, lantai, atau perabot kayu hal tersebut menandakan koloni rayap yang ada terlampau banyak, Jika sudah begini, jelas bahwa rumah Anda memang telah menjadi sarang bagi banyak koloni rayap yang aktif dan merugikan.

Jika anda menemukan indikasi -indikasi diatas pada rumah anda, jangan ragu untuk segera menghubungi jasa anti rayap untuk mengecek dan melihat seberapa besar kerusakan yang telah disebabkan oleh rayap di rumah anda dan dapat memberikan solusi untuk mengatasinya sehingga anda tidak mengalami kerugian yang lebih besar akibat rayap.

Related Post