Press "Enter" to skip to content

Persiapan Busana Haji untuk Wanita

Menunaikan ibadah haji sebagai rukun islam yang ke lima merupakan impian setiap muslim, Bagi kita para muslimah, persiapan untuk berangkat haji tentunya akan lebih banyak dibandingkan laki-laki, mengingat kebutuhan wanita lebih banyak terlebih kita akan berada di tanah suci 1 bulan lamanya. 

Jika anda adalah salah satu muslimah yang beruntung mendapat panggilan untuk berangkat berhaji pada tahun 2018, beberapa hal ini perlu anda ketahui sebagai bagian dari persiapan untuk berangkat.

Pakaian Selama Berhaji

Untuk busana haji wanita disunnahkan berwarna putih, namun boleh juga berwarna selain putih, lebih disarankan yang berwarna gelap (tidak harus hitam) yang paling terpenting adalah busana haji tersebut menutup aurat, tidak ketat, tidak menerawang, dan tidak menarik perhatian laki-laki.

Mengingat ketika beribadah akan bercampur dengan banyak orang lain yang bukan mahrom nya.

Jumlah Pakaian Yang Perlu Anda Persiapkan Selama Berhaji adalah

  1. Baju ihram sebanyak 2 set. 1 untuk yang langsung dipakai dan 1 lagi sebagai ganti. Disarankan baju panjang gamis dengan bahan yang nyaman dan berkantong, sehingga dapat digunakan untuk membawa hal-hal kecil
  2. Baju atasan non ihrom sebanyak 3 buah. Usahakan baju yang panjang (selutut) dan tidak ketat. Atau bisa juga berupa gamis panjang. Pilih bahan yang nyaman dikenakan di cuaca tanah suci.
  3. Celana panjang 3 buah. Supaya tidak mudah kotor pilihlah celana panjang yang berwarna gelap dan mudah digulung.
  4. Jaket 1 buah,  persiapan menghadapi angin dan udara dingin terutama ketika malam hari di tanah suci.
  5. Kerudung panjang, 2 buah. Lebih nyaman menggunakan model bergo atau jilbab jumbo, sekarang ini juga banyak dijual jilbab jumbo yang panjang sampai ke betis dan dilengkapi dengan bukaan tangan, atau sambung tangan.
  6. Kaos kaki 3 pasang. Akan lebih baik kalau anda membawa model kaos kaki wudhu, yang dapat langsung dibuka dari bawah ketika berwudhu, jadi tidak perlu repot copot pasang kaos kaki ketika berwudhu
  7. Pakaian dalam 6 stel.
  8. Disposible panties 2 pak. Celana dalam sekali buang ini akan bermanfaat ketika perjalanan, sehingga kita dapat meminimalisasi membawa pakaian dalam kotor selama perjalanan.
  9. Pantyliners 2 pak.
  10. Pembalut wanita secukupnya.
  11. Tutup kepala model ninja 1 buah, berguna untuk menghindari angin, udara dingin, dan nyamuk.

Alas Kaki Yang Perlu dipersiapkan Untuk Berhaji

  1. Sepatu kets tak bertali.
  2. Sandal gunung.
  3. Sandal jepit.

Peralatan Tidur Untuk di Gunakan Selama Berhaji

  1. Pakaian tidur 2-3 stel. Lebih baik yang model piyama atau pakaian tidur lengan panjang dan celana. Hindari pakaian tidur berbentuk daster agar tidak mudah tersingkap saat tidur. terutama jika dalam satu tenda ada jamaah laki-lakinya.
  2. Kain panjang 2 lembar, berguna sebagai selimut dan alas tidur.
  3. Sarung bantal 2 lembar.

Peralatan Ibadah Selama Berhaji

  1. Sajadah tipis 1 buah.
  2. Atasan mukena buah.

Perawatan Tubuh dan Wajah Selama Berhaji

  1. Pelembap wajah.
  2.  Tabir surya.
  3. Pelembap tubuh.
  4. Pelembap bibir.
  5. Bedak.
  6. Face spray.
  7. Sikat gigi ukuran travel.
  8. Sabun mandi, usahakan yang mengandung pelembap.
  9. Pasta gigi.

Obat-obat Untuk Persediaan Selama Berhaji

Obat-obatan yang perlu dibawa di antaranya obat sakit kepala, krim untuk pegal-linu, dsbnya. Jangan lupa membawa obat pribadi anda yang biasa anda konsumsi, terutama jika anda mengidap penyakit khusus seperti diabetes, hipokolesterol, asam urat, dll.

Related Post