Press "Enter" to skip to content

Cara Mengatasi Ketombe Pada Anak-Anak

Ketombe merupakan salah satu masalah yang mungkin terlihat sepele, namun cukup menyiksa. Selain karena rasanya yang gatal, ketombe yang banyak juga dapat mengakibatkan tidak percaya diri, karena banyaknya serpihan yang terjatuh di baju.

Ketombe pada umumnya terjadi pada orang dewasa, namun ternyata tidak sedikit kasus yang ditemukan pada anak-anak. Ketombe sangat jarang terjadi pada anak balita, kondisi gangguan kulit kepala ini umumnya terjadi saat anak menginjak usia pubertas dan kemudian berangsur berkurang ketika menginjak usia dewasa.

Terjadinya ketombe dipicu oleh produksi berlebih dari minyak pada kulit kepala atau sebum yang menyebabkan terjadinya pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala.

Namun tidak setiap serpihan yang berada di kulit kepala anak bisa dikategorikan ketombe. Bisa ada banyak penyebabnya. Bisa jadi serpihan tersebut adalah Kulit kepala anak yang mengelupas karena terbakar sinar matahari. 

Oleh karena itu perlu menggunakan topi atau penutup kepala untuk anak-anak sehingga membatasi paparan sinar matahari yang langsung terkena kepala.

Penyebab lainnya adalah penggunaan shampoo terlalu banyak, namun tidak membilasnya dengan cukup bersih. Shampoo yang mengering bisa berubah bentuk menjadi serpihan yang menyerupai ketombe.

Namun kepala anak juga perlu dicuci menggunakan shampoo, karena jika tidak minyak dan sel kulit matinya yang menumpuk di kepala bisa menyebabkan ketombe. Solusinya adalah gunakan sedikit shampoo dan bilaslah dua kali supaya lebih bersih.

Serpihan putih di kulit kepala bisa juga adalah eczema atau psoriasis, atau untuk anak bayi dibawah 7 bulan bisa juga mengalami craddle crap yang bisa menimbulkan serpihan di kulit kepala. 

Jika serpihan kulit disertai rambut rontok di area tertentu dan ada kelenjar yang bengkak, bisa jadi itu merupakan indikasi penyakit kurap atau kadas, yang disebabkan oleh jamur.

Selain hal tersebut diatas , Serpihan menyerupai ketombe di kulit kepala anak bisa disebabkan oleh kondisi lain seperti Kondisi kulit yang berjerawat bisa menyebabkan sel kulit mati berkumpul di kulit kepala. 

Atau Kulit kering, seperti yang disebabkan oleh udara yang dingin dan kering. Atau bisa juga salah menggunakan produk shampo perawatan yang menyebabkan serpihan kering atau terjadi reaksi buruk setelah penggunaan produk ini.

Yang pasti sebelum membeli obat ketombe untuk mengatasi permasalahan di kulit kepala, terlebih dahulu perlu mengetahui apakah benar serpihan tersebut adalah ketombe, karena salah menggunakan produk perawatan juga akan dapat memperparah kondisi di kulit kepala.

Solusinya bisa menggunakan cara-cara alami berikut terlebih dahulu.

Pertama anda bisa mencoba mensisiri rambut anak sebelum mandi dan menggunakan shampoo, hal tersebut untuk menghilangkan sel kulit mati yang menempel di kepala.

Kedua bisa mencoba salah satu perawatan rumahan berikut untuk mengatasi ketombe pada anak.

  • Masukkan 12 tetes tea tree oil ke satu ons minyak seperti almond, jojoba, atau minyak zaitun. Kemudian diOleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan dengan shampo.

  • Mencuci rambut menggunakan baking soda. Campurkan satu genggam baking soda dengan air sampai membentuk pasta. Pijat kulit kepala dengan pasta dan diamkan sebentar. Lalu bilas menjelang selesai mandi.

  • Buat masker rambut alami menggunakan satu sendok makan yoghurt,ditambah setengah buah pisang haluskan, dan 4 sendok makan minyak.gunakan masker ini dengan cara memijatnya di kulit kepala selama 5 menit kemudian diamkan selama 15 menit sebelum menggunakan shampo.

Related Post