Press "Enter" to skip to content

5 Kuliner Khas Surabaya Yang Wajib Di Coba Saat Berkunjung Ke Surabaya

Surabaya adalah salah satu kota besar di Indonesia, bisa dibilang kota metropolitan. Saat ini tingkat kunjungan di Surabaya semakin meningkat, berbeda sekali dengan saat saya pertama ke Surabaya tahun 2000.

Kebetulan saya dari Tangerang dan ketika hijrah ke Surabaya saya seperti sendirian karena sangat jarang sekali saya temukan orang-orang dari Jabedetabek yang pindah ke Surabaya. Bahkan untuk makanan saat itu tidak ada makanan khas dari Jawa Barat di Surabaya.

Sampe yang namanya kepingin batagor itu ga kesampaian saat itu, namun seiring waktu saya mulai cocok dengan kuliner-kuliner khas Surabaya, dan bisa dibilang wisata yang terkenal di Surabaya itu ya wisata kuliner.

Kali ini saya akan berbagi mengenai kuliner khas Surabaya yang wajib anda cicipi jika anda berkunjung ke kota Surabaya. ini dia daftar makanannya.

Nah itu dia 5 kuliner khas yang terkenal di Surabaya, langsung aja yuk kita bahas satu-satu :

Tahu Tek

Kuliner Khas Surabaya

Tahu tek ini salah satu makanan khas Surabaya, ini Lontong, Tahu putih digoreng, Kentang, Kecambah, dan biasanya ada juga yang ditambah dengan telur dadar kemudian disiram dengan bumbu kacang.

Sekilas memang Tahu tek ini mirip seperti ketoprak Jakarta, namun yang membedakan adalah pada bumbu kacangnya dicampur dengan petis, sehingga bumbu kacangnya terasa manis dan gurih.

Untuk mendapatkan masakan Tahu tek ini cukup mudah di Surabaya, hampir setiap sudut ada yang jual. Tapi saya pribadi lebih suka makan warung sebelah hotel Narita. 

Warung tersebut sudah lama berjualan sejak tahun 90-an dan rasa tahu teknya enak jika dibanding kita beli yang jualan di gerobak keliling, karena yang di gerobak ada yang enak ada juga yang biasa saja.

Rujak Cingur

Makanan yang satu ini juga tidak kalah sedap, masih dengan bumbum saus kacang yang dicampur petis udang, namun kali ini isinya ada buah-buahan seperti nanas, mangga muda, bengkoang, kemudian tidak ketinggalan lontong, tempe, tahu, dan ada sayur dan kecambah.

Yang paling penting adalah irisan cingur, kalo bahasa indonesia cingur adalah mulut sapi, makanya kuliner ini diberi nama rujak cingur. 

Di Surabaya tempat yang terkenal adalah Rujak Cingur Embong Gayam, itu dulu sekarang lokasi itu sudah berubah fungsi dan penjual Rujak Cingurnya sudah berpindah ke Taman Apsari di belakang kantor pos.

Jadi yang mau mencoba langsung aja meluncur ke TKP

Tahu Campur

Kuliner Surabaya Tahu Campur

Tahu campur ini bisa dibilang mirip seperti sop tapi yang menbedakan adalah kuahnya dicampur dengan petis udang, ya memang salah satu ciri khas masakan Surabaya itu menggunakan petis udang.

Isinya sendiri adalah daging sapi, tahu, selada, mie kuning, tauge dan pasti tidak ketinggalan kerupuk udang sebagai pelengkap.

Salah satu tempat penjual Tahu campur yang bisa dibilang legend yaitu Tahu campur Kalasan yang berlokasi di jalan di Jalan Kalasan no 22 Surabaya. Warung ini memang sudah terkenal sejak lama bahkan sebelum saya hijrah ke Surabaya.

Lontong Kupang

Lontong kupang surabaya
Sumber : travelingyuk.com

Makanan yang satu ini mungkin tidak akan kamu temukan di luar Surabaya atau di lar Jawa Timur.

Kupang ini sejenis kerang berwarna putih, namun bentuknya kecil-kecil. Makanan ini disajikan dengan kuah yang menurut saya mirip dengan kuah empek-empek tapi lagi-lagi ada campuran  petis udang.

Lontong Kupang ini isi adalah kupang, lontong, dan biasanya ada yang dikombinasi dengan sate kerang, kemudian ada yang nama lento, buat yang ga tau lento ini nih gambarnya.

Untuk dapat menikmati makanan ini bisa langsung ke Kenjeran atau ada tempat yang cukup terkenal yaitu di Buduran Sidoarjo.

Soto Ayam

Kalo tadi semuanya pake petis udang kali ini tanpa petis yaitu Soto Ayam, mungkin anda berfikir biasa aja dimana-mana ada soto ayam, tapi tau gak kalo Soto ayam itu aslinya dari Jawa Timur hehehe.

Soto ayam yang terkenal di Surabaya itu ada 2

Soto Ayam Pak Sadi

Soto ayam ini bisa dibilang legend dan saat ini cabangnya sudah ada dimana-mana bahkan di luar kota Surabaya, jadi meskipun kamu berada di luar kota Surabaya tetap bisa menikmati Soto Ayam Pak Sadi ini.

Untuk rasanya saya pernah coba di cabangnya dan sama persis dengan Soto Pak Sadi yang di pusat di Jalan Ambengan.

Yang jelas kuah gurih dan sedap ditambah lagi tersedia taburan bubuk koya yang bisa kita ambil sepuasnya.

Soto Ayam Cak Har

Sumber : golekjajan.com

Soto ayam yang satu ini hadir beberapa tahun setelah Soto pak Sadi berdiri, awalnya hanya warung kecil yang numpang tempat di pojokan kantor desperindag Surabaya.

Namun karena rasanya yang enak dan harganya juga terjangkau akhir Soto Ayam Cak Har menjelma menjadi Restoran Soto terbesar di Surabaya.

Untuk rasa jika dibandingkan dengan Soto Ayam Pak Sadi memiliki karakteristik masing-masing yang jelas Soto Ayam Cak Har ini tidak kalah enaknya.

Untuk menikmati soto ayam cak har bisa langsung meluncur ke jalan MEER.

Related Post