5 Kuliner Terkenal dari Surabaya

Kalo anda ke Surabaya kemudian bertanaya ke rekan atau kolega anda tempat wisata di Surabaya, mereka pasti bingung untuk menjawabnya hehehe… unjung-ujungnya ke Mall lagi ke Mall lagi hehehe. Ya memang Surabaya sudah bertransformasi menjadi kota Metropolitan banyak Mall berdiri dan menjadi destiniasi wisata. Tentunya jika anda juga berasal dari kota besar seperti Jakarta anda akan bosan dengan destinasi wisata yang itu lagi itu lagi.

Namun jika anda mencari wisata kulinar maka tidak salah jika anda saat ini berada di Surabaya, karena banyak pilihan makanan khas Surabaya. Berikut ini adalah 5 Kuliner terkenal di Surabaya.

1. Soto Ayam

Saya pribadi bukan orang asli Surabaya namun migrasi dari Cilegug Tangerang, meski begitu kedua orang tua saya adalah orang asli Surabaya, sehingga dari kecil sudah diperkenalkan dengan masakan khas Surabaya termasuk Soto Ayam. Namun entah kenapa saya tidak pernah suka dengan masakan yang namanya Soto ini.

Hingga akhirnya suatu ketika saat liburan ke Surabaya bapak saya mengajak kami untuk makan soto di daerah Ambengan, dan itulah pertama kali saya merasakan Soto Ayam yang memang benar-benra enak. Nama soto tersbut adalah Soto Pak Sadi. 

Saat ini pun soto pak Sadi telah memiliki banyak cabang baik di Surabaya bahkan di diluar kota Surabaya. Jika anda tinggal di Jakarta anda masih bisa menemukan cabangnya untuk mendapatkan kuliner ini. Selain Soto Pak Sadi yang juga terkenal di Surabaya adalah Soto Cak Har.

Soto Cak Har ini awalnya hanyalah warung soto kecil di dekat SMP 19 Surabaya namun seiring waktu dengan makin bertambahnya jumlah pelanggan mereka saat ini telah menjadi restoran soto terbesar di Surabaya. Untuk rasa tidak kalah dengan soto pak Sadi bahkan menurut saya sama-sama enak hanya saja masing2 soto tersebut punya karakteristik rasanya sendiri-sendiri. Untuk lokasinya berada di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno (Merr Klampis), Surabaya Jawa Timur. Jika da berkunjung ke Surabaya jangan lupa mampir dan menikmati lezatnya soto ayam lamongan cak Har dan Pak Sadi.

2. Rujak Cingur

Rujak cingur ini merupakan salah satu makanan khas Surabaya, Jangan dibayangkan rujak cingur ini seperti rujak buah manis dengan saus gula merah. Jauh berbeda rujak cingur ini isinya ada tahu, tempe, sayur, ada juga buah-buah tapi bukan buah manis seperti pepaya, semangka dll lebih ke kedondong, mangga muda, dan terakhir adalah cingur. Untuk sausnya sendiri adalah bumbu kacang dengan petis, yang jelas dari segi rasa patut dicoba.

Untuk mendapatkan rujak cingur di Surabaya ini cukup mudah namun ada beberapa tempat-tempat yang sudah terkenal seperti Rujak Cingur Ahmad Jaiz yang berlokasi di Jl. Achmad Jais No. 40 Wonokromo, Surabaya.. Kemudian ada juga rujak cingur lapangan tenis, karena dulu berlokasi di lapangan tenis maka dikenal dengan rujak cingur lapangan tenis, saat ini sudah pindah di belakang kantor pos Taman Apsari yang berlokasi di seberang gedung Gubenur Jawa Timur. Pastikan anda tidak melewatkan mencicipi makanan yang satu ini.

3. Bebek Goreng

Masakan bebek goreng juga merupakan salah satu makanan yang bisa dibilang sulit ditemukan di kota-kota lain diluar jawa timur. di Surabaya sendiri cukup banyak yang menjual bebek goreng, bisa dengan mudah ditemukan dipinggir jalan namun ada beberapa nama yang memang sudah terkenal.

Bebek Sinjay Madura

Seperti Bebek Cak Sandy yang berlokasi di SMA komplek persis disebelah SMA 9 Surabaya ini menawarkan menu bebek goreng dan ayam goreng dengan lalapan dan sambal yang lezat. Kemudian ada juga Bebek Sinjay, ini makanan bebek goreng namun dengan bumbu yang kremes gurih dan sambal pencit nikmat, untuk asalnya sendiri Bebek Sinjay ini sebenarnya dari Madura dan saking terkenalnya di pusatnya sana orang rela untuk berangkat pagi2 demi bisa menikmati Bebek Sinjay, Saat ini Bebek sinjay telah memiliki beberapa cabang di Surabaya.

4. Lontong Kupang

Lontong Kupang ini termasuk makanan yang unik, kenapa saya bilang unik karena  jika anda bukan berasal dari jawa timur hampir bisa dipastikan bahwa anda pasti belum pernah mendengar nama makanan ini apalagi memakannya iya kan hehehe.

Kupang ini sejenis kerang berwarna putih dan bentuknya kecil-kecil, dalam penyajiannya menggunakan kuah petis yang gurih dan nikmat, selain dikombinasi dengan lontong sebagai pengganti nasi juga biasanya disajikan dengan sate kerang dan minumnya adalah es degan.

Untuk mendapatkan masakan ini biasanya dijual bersama dengan Tahu Tek dan lontong Balap. Namun di daerah Sidoarjo tepatnya di Buduran ada tempat yang khusus menjual Kuliner Lontong Kupang.

5. Tahu Tek

Tahu tek ini bisa dibilang ketopraknya Surabaya, karena isinya hampir mirip tahu dan lontong, bedanya pada bagian racikan bumbu kacang yang digunakan plus tahu tek ada pilihan pakai telur atau tidak. Untuk bumbunya sama seperti ketoprak yaitu bumbu kacang namun dengan campuran petis sehingga lebih gurih rasanya.

Kuliner ini cukup murah harganya kisaran Rp 10.000 – Rp 20.000 tergantung belinya dimana, kalo di Mall bisa sampai Rp 20.000 tapi kalau di warung pinggir jalan paling mahal sekitar Rp 15.000

Jadi udah ga bingung kan mau cari makanan apa di Surabaya? Selamat berwisata kuliner di Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top